Ketika kita membuat sebuah daftar item, nama atau listing lainnya pada Excel, terkadang kita membutuhkan penanda untuk membedakan item satu dengan yang lainnya. Biasanya yang kita gunakan adalah huruf "V" untuk mendakan "Iya" atau "X" untuk menandakan "Tidak".
Tapi, ada cara lain yang lebih ciamik dan mudah untuk dibaca, apalagi jika daftar pada file excel tersebut kita share ke orang lain.
Mengapa harus menggunakan checklist? Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, dengan meggunakan checklist kita dapat dengan mudah me-listing atau melacak item yang akan dikemas untuk perjalanan misalnya, atau daftar produk untuk perusahaan, daftar hadiah liburan, tagihan bulanan, atau melacak tugas mana yang sudah dikerjakan dan mana yang belum.
Dengan kontrol formulir berupa kotak centang sederhana, Anda dapat membuat daftar periksa untuk apa pun yang Anda inginkan di Excel.
Akses Tab Pengembang
Sebelum Anda dapat membuat checklist di Microsoft Excel, perlu dipastikan bahwa Anda memiliki akses ke "tab Pengembang" atau "Developer Tab". Caranya, cek di bagian atas atau tool-bar biasanya di bagian paling ujung sebelah kanan.
Jika tidak ada, maka Anda perlu menambahkan terlebih dahulu. Tenang, caranya gampang kok dan hanya membutuhkan waktu kurang dari satu menit saja!
Cara menambahkan "Develover Tab" atau "Tab Pengembang" pada excel adalah sebagai berikut:
Klik kanan di manapun pada bagian atas Excel dan pilih "Customize The Ribbon" seperti pada gambar dibawah ini. Atau, bisa juga dengan cara mengklik File> Option> Customize The Ribbon.
Selanjutnya, akan muncul pop-up baru. Pastikan pada bagian sebelah kanan, Anda memilih "Main Tab" dan centang pada bagian "Develover" di kotak bawah. Setelah itu tinggal klik tombol "OK" atau Simpan
Jika sudah, maka sekarang di bagain atas excel akan muncul tab "Developer"
OK, sekarang kita kembali ke konteks utama yaitu bagaimana cara membuat checklist atau centang pada Excel.
Pastinya kita harus membuat daftar item atau listing pada excel seperti daftar barang, tagihan atau pekerjaan. jika sudah, pada kolom yang ingin kita tempatkan Ceklis, kita tinggal klik tombol Developer kemudian klik "Insert" dan pilih tanda "Checklist" atau "Centang"
Nah, secara default pada ceklis akan ada label "Check Box 1", silakan tinggal di blok dan hapus saja.
selanjutnya, Anda tinggal melakukan copy-paste atau copas check-box yang sudah dibuat tadi ke baris berikutnya
OK, demikian tutoal Cara Membuat Checklist atau Centang Pada Excel,s emoga bermanfaat dan tetap ikuti kami untuk terus mendapatkan tutorial bermanfaat lainnya







Komentar
Posting Komentar